Senin, 25 Agustus 2014

Cara Merawat Flashdisk Dan External Disk.


Berikut ini cara untuk merawat perangkat penyimpanan external anda untuk menghindari terjadinya kerusakan:

 1. Jangan Terkena Air
Jauhkan Usb flashdisk dan external disk anda dari sentuhan air. 

2. Hindari Dari Tempat Panas.

Semua barang elektronik rentan dengan panas jadi usahakan untuk tidak menaruh atau menyimpan flashdisk dan external disk anda di tempat yang panas.

3. Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat.

Yang termasuk elektronik berkekuatan magnet kuat adalah TV dan Handphone. Ini tidak baik untuk flashdisk dan perangkat media penyimpanan external anda.

4. Hindarkan Dari Benturan Keras

Media penyimpanan external sangat rawan sekali terjadi kerusakan yang berakibat dari benturan, seperti terjatuh, terinjak, atau bahkan terapit dengan sangat keras saat di simpan karena ini dapat merusak hardware dari media penyimpanan external anda.

5. Lakukan Virus Scan.
Lakukan Virus Scan secara berkala, karena media penyimpanan external merupakan salah satu media penyebaran virus karena mudah terjangkit oleh virus.

6. Eject atau Stop.


Selain membuat flashdisk rusak, tidak meng-eject flashdisk juga dapat mempengaruhi file-file data yang tersimpan di flashdisk.Caranya: buka window explorer, klik kanan drive external disk anda lalu pilih Eject.

7. Minimalisasi Proses Hapus Tulis
Pada Umumnya, Usia Flashdisk antara 10.000-100.000 kali hapus-tulis.

8. Tutup Flashdisk.

Tutuplah selalu media penyimpanan external anda bila telah menggunakannya, supaya terhindar dari gangguan luar. Misalnya Debu dan Kotoran.

9. Jangan Terlalu Sering Diformat
Karena ini dapat memendekkan umur flashdisk.

10. Jangan Men-Defrag Flashdisk
Bagus jika anda sering mendefrag komputer anda tetapi jangan anda lakukan pada flashdisk anda karena proses defrag akan menambah proses read/write yang akan menghabiskan masa hidup flashdisk anda.

Sekian Tips Cara Merawat Media Penyimpanan External. Bila ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan komentar anda.

0 komentar:

Posting Komentar